mtq1

Musabaqoh Tilawatil Qur’an yang menjadi ajang rutin digelar oleh pemerintah kabupaten Bantul pada hari Rabu 11 September 2019, MTQ tahun ini dilaksanakan di kecamatan Pleret Kab. Bantul untuk menggali generasi-generasi Qur’ani yang hafal, dan faham akan hal yang terkandung didalamnya.bukan hanya memahami arti, tetapi juga memahami tafsir atau penjelasan yang tersembunyi baik dengan bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahkan dalam bahasa inggris. Selain untuk menggali generasi yang qur’ani, musabaqoh ini juga bertujuan untuk mempersiapkan kafilah yang akan mewakili kabupaten Bantul untuk maju dalam musabaqoh tingkat Provinsi bahkan juga akan mewakili Provinsi untuk maju kancah Nasional.

 

Dalam Musabaqoh yang digelar pada 11 September 2019 di balai desa Pleret Bantul ini banyak diikuti oleh Masyarakat Umum, Pondok-Pondok Pesantren, Madrasah di Kabupaten Bantul.

Banyak pondok pesantren, Madrasah yang mengirimkan putra putri terbaiknya untuk bukan sekedar berlomba tetapi juga memperdalam hafalan dan juga Pemahaman tentang Al-Qur’an. Termasuk salah satu diantaranya adalah Pondok Pesantren Al-Imdad, ikut andil didalam MTQ Kabupaten bantul tahun 2019 ini , dengan harapan dapat membanggakan nama baik Pondok Pesantren dan juga dapat menjadi cambuk bagi semua santri terutama yang mengikuti Perlombaan agar lebih giat dalam mempelajari Al-Qur’an.

Dalam kesempatan MTQ Kabupaten Bantul 2019 ini , Alhamdulillah Pondok Pesantren Al-Imdad dapat mempersembahkan beberapa kejuaraan baik itu dalam cabang Hafalan, Tafsir maupun pemahaman Al-Qur’an ,diantaranya adalah :

  1. Juara 1 cabang Tafsir B.Arab yang diraih Fauziah Childa
  2. Juara 1 cabang Hifdzil Qur’an 10 Juz yang diraih Nur Chamidah
  3. Juara 2 cabang tafsir B.Inggris yang diraih Siti Fatimatuz Zahra
  4. Juara 2 cabang tilawah dan hifdzil Qur’an 5 juz yang diraih Afi Humairo
  5. Juara 2 cabang fahmil Qur’an yang diraih oleh Tika Fadhilah,Qii Nafsaki Hutami Syam dan Zidni Ni’amah
  1. mtq 2

Dalam musabaqoh tahun ini Kecamatan Pandak bias masuk dalam 5 besar dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul.

     Semoga dengan diraihnya beberapa juara ini dapat meningkatkan minat dan semangat santri dalam menghafal dan juga memahami Al-Qur’an secara menyeluruh. Dan juga menjadi pemompa semangat bagi santri santri yang lain untuk bisa menjadi seorang generasi Qur’ani yang intelek,milenial dan yang terpenting yakni memahami Al-quran sampai isi yang terkandung secara jelas ataupun tersembunyi, bukan hanya memahami Al-Qur’an sebatas kulitnya saja dan mengaku sebagai seseorang yang paling faham dan ahli dalam memahami Al-Qur’an.

Selain itu , semoga prestasi dan tradisi ini terus bisa bertahan, seiring dengan semakin bertambahnya umur Ponpes Al-Imdad. Dan menjadikan PONPES AL-IMDAD menjadi pondok pesantren yang mempunyai basis di bidang Al-Qur’an dan juga kajian kitab kuning yang baik yang dikenal seluruh masyarakat DIY bahkan masyarakat Indonesia, amiiin.

#By Abdurrahmanalasyrof