dahar

Bantul, Minggu 06/10/19, Dalam rangka menyongsong Hari Santri 22 Oktober 2019 mendatang, PD Pontren Kementrian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan Roan akbar di seluruh pondok pesantren yang ada di Indonesia, dalam acara ini Kasubdit PD Pontren mengadakan kunjungan di Pondok Pesantren Al Imdad Bantul Yogyakarta. Kunjungan dengan tema ROAN AKBAR Jaga Hati, Jaga Bumi ini mendapat respons yang sangat postiif dari para santri Pondok Pesantren Al Imdad Bantul Yogyakarta.

 

Roan atau Kerja Bakti sendiri sudah merupakan kegiatan rutin yang ada di setiap Pondok Pesantren, biasanya diadakan satu minggu sekali pada hari libur, Jum'at atau Ahad. Di Pondok Pesantren Al Imdad sendiri, roan biasanya dilakukan setiap hari Ahad.

Pada Hari Ahad, 06 Oktober Kira-kira pukul 09:00, Kasubdit PD Pontren Bp. Dr. H. Basnang Said, S.Ag, M.Ag tiba di Pondok Pesantren Al Imdad komplek Putri Kauman Wijirejo, Pandak, Bantul disambut oleh Para Santriwati bersama Pengasuh Pondok Pesantren Putri Bpk KH. Ahmad Murod dan Ketua Yayasan Pondok Pesantren Al Imdad Bpk Dr. H. Athonari Humam. Setelah bercakap-cakap mengenai Pondok Pesantren Al Imdad, rombongan berkeliling meninjau kegiatan roan santri putri yang ada di beberapa titik, salah satunya adalah pembersihan selokan di depan Pondok Pesantren Al Imdad Putri.

 IMG 7921

Peninjauan Kasubdit PD Pontren pada Roan Akbar PP Al Imdad 

Setelah itu, rombongan menuju Pondok Pesantren Al Imdad Putra yang berjarak kurang lebih 3km dengan  Kunjungan pertama di komplek Al imdad Farm yang dimotori oleh Bp. Agung Budi Prastawa di Beji Wetan, Sendangsari, Pajangan, Bantul. Komplek Al Imdad Farm ini adalah Komplek dengan kegiatan Liftskill yang bermacam-macam, ada pembuatan tempe tahu, ternak Ayam, Burung, kambing, budidaya Maggot, penanaman hidroponik, dan perikanan dengan didesaint menjadi Taman wisata. pada saat itu Kasubdit PD Pontren menyaksikan dan ikut terjung langsung dalam Panen Bawang Merah. Setelah lama berbincang bincang dg Para Pengasuh dan juga para Santri Perjalanan dilanjutkan ke lokasi yang akan dibuat sebagai lahan  Agro Wisata Buah PP Al Imdad. Bersamaan dengan ini hadir Bpk Lurah Desa Guwosari, Bpk Dukuh Kedung Guwosari, dan Para tokoh Masyarakat disekitar Pondok Pesantren Al Imdad.

Dalam sambutannya Pengasuh Pondok Pesantren Al Imdad, KH.Dr. Habib A Syakur menyampaikan Bahwa Al Imdad Berkembang bersama Tantangan, dari permasalahan akademik, permasalahan Ekonomi Masyarakat, permasalahan sarana, dan permasalahan lain yang dihadapi oleh umumnya lembaga pendidikan dan Pondok Pesantren, Al Imdad mencoba untuk menguraikan semuanya.

Sementara itu Kasubdit PD Pontren Bpk Dr. H Basnang Said, M.Ag dalam sambutanya menyampaikan bahwa pada peringatan Hari santri 2019 ini pondok pesantren mendapat Kado Istimewa yang berupa ditetapkannya Undang-undang Pesantre oleh Pemerintah, sehingga keberadaan pondok Pesantren sebaga Lembaga Pendidikan, Lembaga Dakwah, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat telah diakui oleh Pemerintah, oleh karena itu Para Santri pada saat ini diharapkan Menjadi Generasi Penerus Perjuangan para Ulama' dan juga Para Umaro, bukan hal yang mustahil jika nanti ketika Negara Republik Indonesia ini berumur satu Abad, diantara kalian para santri ada yang  menjadi Bupati, ada yang menjadi Gubernur, ada yang menjadi Menteri, Bahkan ada yang menjadi Presiden, seraya disambut tepuk tangan yang sangat antusias oleh 700an Santri Al Imdad berkumpul bersama saat itu. 

Setelah selesai menyampaikan sambutannya dilanjutkan secara simbolis Penanaman Pohon Buah di lokasi Agro wisata Kebun Buah PP Al Imdad dan dilanjutkan "Dahar Kembul" (makan Bersama) Kasubdit PD Pontren dengan Santri Al Imdad.

IMG 7964