Kurikulum

Pondok Pesantren Al-lmdad Bantul memberikan kesempatan besar kepada santri-santrinya untuk mengembangkan bakat dan minat dalam cara yang positif. Baik melalui kegiatan ekstra kurikuler maupun melalui kegiatan pengembangan skil yang yang dipandu oleh tenaga ahli dan profesional di bidang masing-masing. Kegiatan-kegiatan positif ini tentu saja akan menjadi bekal berharga bagi mereka saat mereka harus kembali ke masyarakat. Dengan konsepfull-day education, Al-lmdad berupaya mewujudkan cita-cita negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dimulai dari generasi muda yang mencerminkan perilaku santri salih. Pondok Pesantren Al-lmdad Bantul mengembangkan lima program unggulan bagi para santri, yaitu tahfizhul gurtan, kemampuan baca kitab kuning, percakapan Bahasa Arab (muhadatsah), percakapan Bahasa Inggris (conversation), dan menulis. Pondok Pesantren Al-lmdad Bantul memberikan kesempatan besar kepada santri-santrinya untuk mengembangkan bakat dan minat dalam cara yang positif. Baik melalui kegiatan ekstra kurikuler maupun melalui kegiatan pengembangan skil yang yang dipandu oleh tenaga ahli dan profesional di bidang masing-masing. Kegiatan-kegiatan positif ini tentu saja akan menjadi bekal berharga bagi mereka saat mereka harus kembali ke masyarakat. Dengan konsepfull-day education, Al-lmdad berupaya mewujudkan cita-cita negara dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, dimulai dari generasi muda yang mencerminkan perilaku santri salih. Pondok Pesantren Al-lmdad Bantul mengembangkan lima program unggulan bagi para santri, yaitu tahfizhul gurtan, kemampuan baca kitab kuning, percakapan Bahasa Arab (muhadatsah), percakapan Bahasa Inggris (conversation), dan menulis.

Program Kemasyarakatan

Program Pemberdayaan Ekonomi Santri dan Alumni

DCIM100MEDIA

1.  LM3 (Lembaga Mandiri Mengakar di Masyarakat)

Lembaga ini merupakan wadah bagi para santri, wali santri dan alumni untuk mening katkan penghasilan keluarga. Untuk saat ini bidang garap dari LM3 adalah pada bidang pertanian, oleh karena sebagian besar santri dan alumni adalah kaum tani. Mulai tahun 2010 LM3 PP. Al-Imdad menjadi LM3 Model Nasional.

2. wirausaha santri

Program peningkatan jiwa kewirausahaan santri dengan perintisan industri sebagai berikut:

  1. Produk wingko
  2. Kue dan roti
  3. Jamur tiram
  4. Emping garut dan emping singkong
  5. Ceriping singkong

Program Kesehatan

1. Poskestren (Pos kesehatan pesantren)

Lembaga ini merupakan pusat kegiatan para santri dalam bidang kesehatan. Saat ini Poskestren Al Imdad telah memiliki ruangan tersendiri dan dilengkapi peralatan medis sederhana. Pemeriksaan para santri dilaksanakan secara rutin bekerjasama dengan Puskesmas pandak I.

Program Sosial

1. Santunan Santri Keluarga miskin

Saat ini Yayasan PP Al-Imdad telah menampung dan menyantuni sebanyak 40 anak asuh mukim, mereka terdiri dari putra 23 anak dan putri 17 anak, dengan kisaran usia 12 sampai dengan 18 tahun. Mereka ditampung dengan segala permasalahan yang harus ditangani, mulai dari pemenuhan kebutuhan makan, kesehatan, biaya kesejahteraan dan lain-lain.

2. Pemberian bea siswa santri yang tidak mampu

Yayasan PP Al-Imdad mengupayakan pemenuhan pendidikan yang layak bagi santri yang mengikuti program pendidikan formal mulai dari SD/MI sampai dengan SMA/SMK/MA yang berbentuk pemberian pembayaran bulanan bagi santri di sekolahnya masing-masing.

Program lingkungan hidup

1. Pengolahan Sampah

Kegiatan pengelolaan sampah terpadu PP. Al-Imdad bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan jalan memanfaatkan limbah sebesar-besarnya dan meminimalisir dampak negatifnya. Selain dapat mengurangi pencemaran lingkungan juga mengurangi volume sampah yang dibuang ke TPA. Adapun kegiatan yang telah dilakukan antara lain:

100_3651

2. Pembuatan pupuk organik

Sampah dan limbah yang terkumpul kemudian dipisah-pisah berdasar spesifikasi sampah organik dan anorganik. Sampah organik kemudian difermentasi dengan decomposer buatan sendiri menjadi pupuk organik. Dekomposer dibuat dari bahan-bahan yang mudah didapat di pedesaan/pasar tradisional, seperti: bawang merah, pisang, tempe dan nanas yang dilarutkan dalam larutan gula atau tetes tebu. Cairan yang telah diendapkan selama 2 minggu kemudian dilarutkan dalam air dan disemprotkan pada sampah yang akan diproses menjadi kompos.

Sekitar 20-25 hari sampah yang difermentasi telah menjadi pupuk kompos yang siap digunakan untuk pemupukan atau dilakukan packing untuk dipasarkan.

3. Kebun bibit

Bibit yang diproduksi oleh Pondok Limbah PP. Al-Imdad antara lain: bibit tanaman keras jati, sengon dan mahoni; bibit tanaman buah yaitu: papaya, jambu biji, rambutan, mangga, klengkeng dan lain-lain. Tanaman sayuran antara lain cabe rawit, terong, gambas, kacang panjang serta beberapa jenis tanaman obat. Media yang digunakan adalah tanah yang telah dicampur dengan kompos hasil dekomposisi sampah. Sedang untuk poly bag beberapa tanaman terutama bibit sayuran menggunakan plastik-plastik bekas yang tidak layak jual.

4. Peternakan

Kegiatan peternakan (kambing dan blibis) berfungsi sebagai katalisator siklus pengelolaan sampah. Kambing difungsikan sebagai pemakan sampah hijauan yang masih segar, seperti sisa sayuran dan daun-daun tanaman/pagar perindang yang dirapikan. Selain itu kotoran kambing dapat juga digunakan sebagai pupuk tanaman. Sedang blibis berfungsi sebagai predator sampah sisa makanan, karena sampah ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap jika difermentasi menjadi pupuk.

5. Pertanian hortikultura/sayuran.

Untuk memenuhi kebutuhan sayuran internal Pondok Pesantren, Pondok limbah juga mengadakan kegiatan pertanian sayuran yang bersifat organik. Tanaman ini tidak menggunakan sama sekali pupuk maupun pestisida pabrikan. Untuk saat ini sayuran yang telah ditanam adalah terong, cabe, kacang panjang dan gambas.

6. Kerajianan berbahan baku sampah.

Pada dasarnya pemisahan sampah yang dilakukan adalah sampah organik dan anorganik. Sampah organik digunakan sebagai bahan kompos sedang sampah anorganik dijual kepada pengepul. Namun demikian tidak semua sampah anorganik laku dijual kepada pengepul sehingga perlu adanya pengelolaan khusus. Sampah yang tidak laku dijual ke pengepul adalah sampah plastik yang berlapiskan aluminium foil. Untuk mengelola sampah tersebut maka muncullah pengembangan kerajinan yang berbahan baku sampah plastik.

Namun demikian untuk kerajinan ini karena sifatnya masih pembelajaran hasilnya masih kurang memuaskan sehingga masih sangat diperlukan pelatihan dan pendampingan-pendampingan lebih lanjut. penggerakan peduli lingkungan hidup terhadap masyarakat

pendampingan peternak

Program ini bekerjasama dengan RT dan RW setempat dengan bentuk kegiatan pendampingan terhadap peternak sapi dan kambing untuk pengelolaan limbah ternak menjadi pupuk kandang yang telah terfermentasi, sehingga tidak menimbulkan pencemaran bau dan pencemaran air. Pupuk yang telah terolah dapat dimanfaatkan.

program pemberdayaan perekonomian masyarakat

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar Pondok Pesantren Al-Imdad yang berbasis lingkungan hidup. Bentuk program berupa, penanaman pohon papaya di pekarangan milik masyarakat sekitar PP Al-Imdad dan penanaman pohon sengon di lahan tidur milik masyarakat dalam bentuk kemitraan. Penanaman pohon papaya di pekarangan milik masyarakat sekitar PP Al-Imdad yaitu dengan membagikan 5 bibit papaya kepada setiap KK untuk ditanam di pekarangan sehingga hasilnya dapat dinikmati oleh masyarakat. Sedang program kemitraan berupa investasi tanaman albasia/sengon laut pada lahan tidur milik masyarakat dengan sistem bagi hasil.

Program PONPES

I. PROGRAM PENDIDIKAN

Di bawah Yayasan Pondok Pesantren Al-Imdad terdapat beberapa lembaga yang mengelola pendidikan baik formal maupun non formal. diantara  Pendidikan yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Al-Imdad adalah:

1. Tahfidz al-qur`an

Program ini ini meliputi Pembelajaran Membaca Al Qur’an, Menghafal al-Qur`an dan mempelajari Ilmu-ilmu al-Qur`an diantaranya: Ilmu Tajwid, Adab penghafal al-Qur`an, Ilmu tafsir, Tafsir Al Qur’an dan lain-lain.

2. Taman Pendidikan Al-qur`an (TPQ)

Program ini diperuntukkan bagi anak-anak usia TK dan SD yang ingin mempelajari baca tulis al-Qur`an, tata cara sholat, hafalan surat-surat pendek, do’a-do’a harian, aqidah, akhlaq, dan lain-lain.

3. Madrasah Diniyyah 

Madrasah Diniyyah merupakan program kelanjutan dari TPQ, setelah mampu membaca al-Qur`an dengan baik. Di madrasah ini dipelajari ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur`an, dasar-dasar kaidah bahasa Arab, aqidah, akhlaq, fikih, dan tarikh.

4. Madrasah Tsanawiyyah & Madrasah Aliyah

Madrasah Tsanawiyyah adalah jenjang pendidikan setingkat SMP yang mengikuti Kurikulum Kemenag maupun Kemendiknas dan dikombinasikan dengan kurikulum pesantren, sehingga dapat dinamakan SMP plus plus.

Madrasah Aliyah adalah jenjang pendidikan setingkat SMA yang mengikuti Kurikulum Kemenag maupun Kemendiknas dan dikombinasikan dengan kurikulum pesantren, Program jurusan yang ada sbagai mana di Sekolah Umum lainnya Yaitu: Program IPA, IPS, BAHASA dan KEAGAMAAN. Program ini dibuka sesuai dengan minat dan ketercapaian Kuota. sehingga para santri dapat melanjutkan ke Perguruan tinggi Baik Negeri maupun Swasta sesuai jurusan yang diinginkan.

5. Ma’had Aly

Ma’had Aly adalah jenjang pendidikan setingkat perguruan tinggi yang menggunakan Kurikulum Kemenag yang dikombinasikan dengan kurikulum pesantren,

5. Pembelajaran membaca kitab  kuning

Ini adalah pelayanan bagi santri yang menginginkan program intensif untuk dapat membaca kitab kuning secara cepat, dengan modal dapat membaca tulisan Arab yang berharokat dalam waktu singkat santri dapat membaca kitab kuning.

6. Majlis Ta’lim

Program Majlis Ta’lim diikuti oleh Santri tingkat lanjut, maupun masyarakat umum dengan berbagai macam kitab, diantaranya Fikih, Akhlaq, Tagfsir dll.

7. Majlis Mujahadah

Majlis ini merupakan majlis untuk berdoa yang diikuti oleh Santri, Alumni, Wali Santri, dan Masyarakat. Untuk santri dilaksanakan setiap malam jum’at dan untuk wali santri dan masyarakat dilaksanakan setiap malam jum’at wage.

 

Sarana dan Prasarana

Mulai Tahun 2014 Pondok Pesantren Al-Imdad terbagi menjadi Dua Komplek yaitu Komplek Pusat yang berada di Kauman Wijirejo Pandak Bantul Yogyakarta, dan Komplek II yang berada di Kedung Guwosari Pajangan Bantul Yogyakarta.

  1. Asrama santri (putra/putri)
  2. Musholla
  3. Ruang kelas
  4. Ruang MCK
  5. Poskestren
  6. Kantor pondok
  7. Kantor madrasah
  8. Ruang guru
  9. Perpustakaan
  10. Laboratorium omputer
  11. Sarana olah raga
  12. kantin
  13. Tempat pengolahan sampah terpadu

Jadwal Santri

JADWAL KEGIATAN SANTRI

WAKTU KEGIATAN
03:00 - 04:00 SHOLAT TAHAJUD
04:00 - 04:30 SHOLAT SUBUH DAN DZIKIR
04:30 - 06:00 SOROGAN AL-QURAN / KITAB
06:00 - 07:00 MAKAN PAGI & PERSIAPAN KE MADRASAH
07:00 - 14:00 MASUK MTs
07:00 - 13:00 MASUK MA
13:00 - 15:00 ISTIRAHAT BAGI SANTRI MA
14:00 - 15:00 ISTIRAHAT BAGI SANTRI MTs
15:00 - 15:45 SHOLAT ASHAR
15:45 - 17:00 EXTRA KURIKULER SANTRI MTS
15:45 - 17:15 MARTIKULASI DAN EXTRA BAGI SANTRI MA
17:15 - 18:30 PERSIAPAN DAN SHOLAT MAGHRIB
18:30 - 19:30 SOROGAN AL-QURAN DILANJUTKAN SHOLAT ISYA
19:30 - 20:30 PENGAJIAN KITAB / BANDONGAN
20:30 - 22:00 WAJIB BELAJAR BAGI SEMUA SANTRI
22:00 - 03:00 ISTIRAHAT

Extrakurikuler

  1. Hadroh
  2. Seni Baca Al-Qur`an
  3. Kaligrafi
  4. Olah raga
  5. Pencak Silat
  6. Life Skill dll

Artikel Random

Kalendar

« April 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30            
Go to Top